Friday, October 12, 2012
Thursday, October 11, 2012
Audit Pemasaran
AUDIT
PEMASARAN
DEFINISI
Audit
Pemasaran yaitu pengujian komprehensif, sistematis, independen dan dilakukan
secara periodic terhadap lingkungan pemasaran, tujuan, strategi dan aktivitas
perusahaan atau unit bisnis, untuk menentukan peluang dan area permasalahan
yang terjadi, serta merekomendasikan rencana tindakan untuk meningkatkan
kinerja pemasaran perusahaan.
TUJUAN DAN MANFAAT AUDIT PEMASARAN
Tujuan utama
dari audit pemasaran :
·
Untuk mengidentifikasi ancaman-ancaman pemasaran yang dihadapi perusahaan
dan merencanakan perbaikan yang diperlukan untuk mengeliminasi ancaman
tersebut.
Manfaat yang
diperoleh dari audit ini :
·
Dapat memberikan gambaran yang objektif tentang kinerja pemasaran
perusahaan dan berbagai kekurangan yang terjadi dalam pengeelolaan upaya
pemasaran yang masih memerlukan perbaikan.
TIPE AUDIT PEMASARAN
Ada 2 tipe
audit pemasaran
1. Audit
fungsional (Vertikal): Audit yang dilakukan terhadap beberapa aktivitas dari
departemen pemasaran.
2. Audit
menyeluruh (Horizontal) yaitu melakukan audit terhadap keseluruhan dari fungsi
pemasaran perusahaan.
RUANG LINGKUP DAN TUJUAN AUDIT
Audit
pemasaran dapat mencakup enam wilayah utama dalam pemasaran sbb :
1. Audit
Lingkungan Pemasaran
2. Audit
Strategi Pemasaran
3. Audit
Organisasi Pemasaran
4. Audit Sistem
Pemasaran
5. Audit
Produktivitas Pemasaran
6. Audit Fungsi
Pemasaran
TAHAPAN-TAHAPAN
AUDIT PEMASARAN
Pada dasarnya pelaksanaan audit pemasaran bisa mengikuti tahapan
audit secara umum, yaitu :
1. Audit
Pendahuluan
2. Review dan
pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan
3. Audit
Lanjutan
4. Pelaporan
PROSES MANAJEMEN PEMASARAN
Proses
manajemen pemasaran merupakan proses menganalisis peluang-peluang pasar,
memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran, dan mengelolah usaha
–upaya pemasaran
·
Menentukan
Konsumen Sasaran, meliputi
1.
Segmentasi Pasar
2.
Penetapan Pasar Sasaran
3.
Penentuan Posisi Pasar
·
Mengembangkan
Bauran Pemasaran, meliputi
1.
Produk (Product)
2.
Harga (Price)
3.
Tempat/Saluran Distribusi (Place)
4.
Promosi (Promotion)
·
Mengelola
upaya Pemasaran
Melibatkan 4 fungsi utama manajemen perusahaan, yaitu :
1.
Analisis Pemasaran
2.
Perencanaan Pemasaran
3.
Implementasi Pemasaran
4.
Pengendalian Pemasaran
PROGRAM
KERJA AUDIT
Program
audit memberikan landasan yang sistematis dalam audit sehingga pelaksanaan
audit dapat berjalan sesuai rencana. Program audit dibuat untuk setiap tahap
audit sesuai dengan informasi yang ingin diperoleh dalam setiap tahapan
tersebut.
Subscribe to:
Posts (Atom)
About Me
- Farah makis
- palembang, sumatera, Indonesia
- saya kelahiiran palembang 4 maret 1991 ..saat ini tengah menempuh pendidikan di Politeknik Neg.Sriwijaya Palembang Jurusan Akuntansi,,semester Akhir.. saya anak satu satunya dari keluarga saya :) tapi saya berusaha untuk tidak manja, dan sya pun nggk pernah d manja2in ortu , harus bisa mandirii,dari SD pun saya udh pergi sekolah sendiri, hingga sekarang pun bawa kendaraan sendiri. hhehe