Thursday, October 11, 2012


           
           


             

Audit Pemasaran



AUDIT PEMASARAN

DEFINISI

Audit Pemasaran yaitu pengujian komprehensif, sistematis, independen dan dilakukan secara periodic terhadap lingkungan pemasaran, tujuan, strategi dan aktivitas perusahaan atau unit bisnis, untuk menentukan peluang dan area permasalahan yang terjadi, serta merekomendasikan rencana tindakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.
TUJUAN DAN MANFAAT AUDIT PEMASARAN
Tujuan utama dari audit pemasaran :
·         Untuk mengidentifikasi ancaman-ancaman pemasaran yang dihadapi perusahaan dan merencanakan perbaikan yang diperlukan untuk mengeliminasi ancaman tersebut.
Manfaat yang diperoleh dari audit ini :
·         Dapat memberikan gambaran yang objektif tentang kinerja pemasaran perusahaan dan berbagai kekurangan yang terjadi dalam pengeelolaan upaya pemasaran yang masih memerlukan perbaikan.
TIPE AUDIT PEMASARAN
Ada 2 tipe audit pemasaran
1.      Audit fungsional (Vertikal): Audit yang dilakukan terhadap beberapa aktivitas dari departemen pemasaran.
2.      Audit menyeluruh (Horizontal) yaitu melakukan audit terhadap keseluruhan dari fungsi pemasaran perusahaan.

RUANG LINGKUP DAN TUJUAN AUDIT
Audit pemasaran dapat mencakup enam wilayah utama dalam pemasaran sbb :
1.      Audit Lingkungan Pemasaran
2.      Audit Strategi Pemasaran
3.      Audit Organisasi Pemasaran
4.      Audit Sistem Pemasaran
5.      Audit Produktivitas Pemasaran
6.      Audit Fungsi Pemasaran


TAHAPAN-TAHAPAN AUDIT PEMASARAN
Pada dasarnya pelaksanaan audit pemasaran bisa mengikuti tahapan audit secara umum, yaitu :
1.      Audit Pendahuluan
2.      Review dan pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan
3.      Audit Lanjutan
4.      Pelaporan
PROSES MANAJEMEN PEMASARAN
Proses manajemen pemasaran merupakan proses menganalisis peluang-peluang pasar, memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran, dan mengelolah usaha –upaya pemasaran
·         Menentukan Konsumen Sasaran, meliputi
1.      Segmentasi Pasar
2.      Penetapan Pasar Sasaran
3.      Penentuan Posisi Pasar
·         Mengembangkan Bauran Pemasaran, meliputi
1.      Produk (Product)
2.      Harga (Price)
3.      Tempat/Saluran Distribusi (Place)
4.      Promosi (Promotion)
·         Mengelola upaya Pemasaran
Melibatkan 4 fungsi utama manajemen perusahaan, yaitu :
1.      Analisis Pemasaran
2.      Perencanaan Pemasaran
3.      Implementasi Pemasaran
4.      Pengendalian Pemasaran
PROGRAM KERJA AUDIT
Program audit memberikan landasan yang sistematis dalam audit sehingga pelaksanaan audit dapat berjalan sesuai rencana. Program audit dibuat untuk setiap tahap audit sesuai dengan informasi yang ingin diperoleh dalam setiap tahapan tersebut.























About Me

My photo
palembang, sumatera, Indonesia
saya kelahiiran palembang 4 maret 1991 ..saat ini tengah menempuh pendidikan di Politeknik Neg.Sriwijaya Palembang Jurusan Akuntansi,,semester Akhir.. saya anak satu satunya dari keluarga saya :) tapi saya berusaha untuk tidak manja, dan sya pun nggk pernah d manja2in ortu , harus bisa mandirii,dari SD pun saya udh pergi sekolah sendiri, hingga sekarang pun bawa kendaraan sendiri. hhehe